"Mengatasi Missing Font Pada CorelDraw"

saya mencoba menyelamatkan postingan lama yang ada di blog saya sebelumnya (http://www.rsyadesign.blogspot.com), karena Sering sekali kita mengalami Missing Font pada CorelDraw. Setelah kita capek-capek mendesign sesuatu pada komputer kita dengan menggunakan Font-font cantik dan terkesan unik, kemudian ketika dibuka dikomputer lain untuk tujuan tertentu, tak tahunya Font tersebut tidak ada sehingga hasil design kita menjadi terkesan berantakan. Nah, jika sering mengalami hal ini, berikut ini ada tips dan trik mengatasi Missing Font. Ada 3 buah cara yang bisa digunakan namun masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.


1. Cara yang pertama, pada saat men-save document centangi opsi "Embed Font using TrueDoc (TM)".
Cara ini sangat jarang dilakukan mengingat hasil dari file tersebut akan membengkak karena Font-Font yang digunakan akan diEmbed kedalam satu file sehingga ukuran file membesar terlebih lagi jika menggunakan font distro ukuran filenya bisa mencapai diatas 1MB.





2. Cara yang kedua, dengan mengcopy semua file font yang kita gunakan pada design kita. Untuk mengcopy file font tersebut, kita tidak perlu mengcopy secara manual font-font yang terdapat pada directory C:/Windows/Fonts, cukup gunakan wizard yang terdapat pada CorelDraw, semua font yang berasosiasi dengan design kita akan tercopy otomatis. Kelemahan teknik ini kita harus mengcopy file font tersebut ke Directory Fontnya Windows.

1. File > Prepare For Service Bureau…., akan terbuka sebuah kotak dialog
2. Ikuti settingan dibawah ini kemudian klik Next.





3. Langkah berikutnya, centangi opsi Copy fonts, klik Next.





4. Langkah berikutnya, hilangkan centang pada Generate PDF kemudian klik Next.





5. Langkah berikutnya tentukan lokasi directory penyimpanan, kemudian klik Next.





6. Klik Finish.

3. Cara yang ketiga, dengan mengconvert semua font hasil design ke kurva. Cara ini paling sering digunakan karena ukuran file yang tetap tidak mengalami pembengkakan ukuran file. Namun cara ini juga memiliki kelemahan yakni font yang sudah diconvert ke kurva tidak bisa diedit lagi, misalkan terjadi kesalahan pengetikan teks, maka teks tersebut tidak bisa diedit lagi sehingga kita harus membuat teks tersebut dari awal. Jadi jika Anda menggunakan teknik ini, sebaiknya backup dulu file asli yang font nya belum diconvert ke kurva sehingga ketika terjadi kesalahan pada teks bisa langsung diperbaiki. Untuk mengconvert ke kurva, lakukan cara berikut ini

1. Seleksi teks yang akan diconvert ke kurva
2. Klik menu Arrange > Convert to Curve atau gunakan shortcut Ctrl+Q.

SELAMAT MENCOBA!!!

No comments:

Post a Comment